Langsung ke konten utama

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia K13 Kelas 10 Semester 2

Halo, teman-teman. Kali ini Owpike akan memberikan sebuah rangkuman dari materi pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 10 semeter 2.


Rangkuman Materi Bahasa Indonesia K13 Kelas 10 Semester 2

Materi Bahasa Indonesia kelas 10 semester 2 dimulai dari negoisasi, debat, biografi sampai puisi. Rangkuman Materi ini berpacu pada Buku Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi Revisi 2016.

1. Membuat Kesepakatan Melalui Negosasi

Negoisasi adalah proses tawar menawar denga jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama satu pihak dan pihak yang lain. Tujuannya yakni untuk mengatasi atau menyesuaikan perbedaan, memperoleh sesuatu dari pihak lain, mencapain kesepakatan bersama, atau menyelesaiakn sengketa atau selisih pendapat.

Unsur-unsur Negoisasi adalah sebagai berikut:
  1. Partisipan, terdiri oleh pihak pengaju dan pihak penawar. Dalam keadaan tertentu (pertikaian), ada partisipan ketiga sebagai perantara
  2. Adanya Perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak
  3. Adanya pengajuan dan penawaran
  4. Ada kesepakatan sebagai hasli negoisasi.
Kesepakatan yang terjadi harus memenuhi syarat yakni:
  1. Dilakukan dengan santun
  2. Tidak ada tekanan atau paksaan
  3. Saling menuntungkan
  4. Kesepakatan bersifat praktis, bisa diterapkan

Struktur terks negoisasi;
  • Orientasi (Perkenalan)
  • Pengajuan(Pihak pengaju)
  • Penawaran (Pihak yang menawarkan)
  • Peretujuan atau kesepakatan

2. Debat

Debat adalah proses saling tukar menukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak berdebat memberi alasan. Apabila perlu, ditambahkan dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Hasil debat biasanya menghailkan sudut pandang baru yang bisa diterima kedua belah pihak.

Unsur-unsur debat adalah
1) Mosi adalah permasalahan yang diperdebatkan.
2) Tim afirmasi yakni tim pro atau tim pendukung
3) Tim oposisi kebalikan dari tim kontra
4) tim netral atau penilai/juri.
5) Moderator selaku pengarah debat
6) Penulis.

Kaidah kebahasaan yang digunakan harus benar sesuai dengan kaidah bahasa, baik tata ejaan maupun tata bahasa. ide yang diungkapkan harus benar sesuai dengan fakta yang diterima akal sehat,
harus tepat, dan hanya memiliki satu makna, padat, langsung menuju sasaran, runtun dan sistematis. Kata yang dipilih dalam berdebat harus memiliki makna sebenarnya(donatatif).

3. Teks Biografi

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yamg ditulis oleh orang lain didalamnya disajikan sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses orang yamg sedang diulas. Biografi menampilkan tokoh-tokoh terkenal, orang sukses, orang yang berperan banyak dalam kehidupan orang banyak.

Manfaat membaca biografi adalah memperkaya wawasan dan sebagai teladan agar dapat menjalani kehidupan dengan baik dan mengisi hidup dengan karya yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Struktur teks biografi adalah sebagai berikut, 1) Orientasi atau setting, berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar atau pembaca. Berkenaan dengan siapa, kapan dan dimana 2) Kejadian penting, berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian tokoh utama. 3) Reorientasi, yang berisi komentar evaluatif atau pernyataan kesimpulan mengenai rangkaian cerita
sebelumnya.

4. Mendalami Puisi
Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang banyak disukai karena disajikan dalam bahasa yang indah dan imajinatif.

Membacakan puisi:
a. Rima dan irama
b. Artikulasi
c. Ekspresi mimik wajah
d. Mengatur pernapasan
e. Vokal
f. Ekspresi
g. Intonasi


Itulah rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 10 semester 2. Rangkuman ini nantinya, Owpike harap dapat memberi nilai positif untuk teman-teman sekalian.

Jika ada permasalahan mengenai materi di atas, jangan segan untuk bertanya.

Sampai jumpa.

Postingan Populer